Rabu, 19 Februari 2014

MATERI UJIAN PRAKTEK TIK 9 (VIII-2)

ASSALAAMUALAIKUM WR WB

"PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA"
A. Mengenal Microsoft Excel
          
         Microsoft Office Excel 2007 adalah salah satu program aplikasi yang terdapat dalam Microsoft Office 2007. Aplikasi Excel 2007 merupakan program pengolah angka yang digunakan dalam membantu menyelesaikan pekerjaan, baik itu administrasi atau perkantoran, bisnis, dll. Microsoft Excel merupakan program yang digunakan untuk memanipulasi lembar kerja (Worksheet).

Bagian-Bagian Microsoft Excel 2007 
 
KETERANGAN : 
1) OFFICE BUTTON : Tombol yang terdiri dari perintah-perintah standar seperti membuat dokumen baru, membuka dokumen, menyimpan dokumen, mencetak dokumen dan lain-lain. 
2) QUICK ACCESS TOOLBAR : Toolbar yang berisi sejumlah perintah customize quick access toolbar. 
 3) CUSTOMIZE QUICK ACCESS TOOLBAR : Tombol untuk memodifikasi perintah-perintah Microsoft Excel 2007 pada quick access toolbar. 
4) TAB : Bagian berbentuk tabulasi yang berisi sejumlah perintah sesuai kelompoknya. 
5) TITLE BAR : Batang judul lembar kerja atau nama file yang terletak di jendela Microsoft Excel bagian atas.
 6) PENGATUR TAMPILAN WORKBOOK : Tombol-tombol perintah yang berfungsi untuk mengatur tampilan workbook, seperti page break preview, page layout, dan normal. 
7) ZOOM LEVEL : Untuk mengatur ukuran tampilan workbook. Tombol Plus (+) untuk memperbesar dan tombol Minus (-) untuk memperkecil tampilan workbook. 
8) RANGE : Gabungan beberapa sel yang membentuk persegi empat. Keadaan ini biasanya digunakan untuk memblok / menandai data. 
9) SEL – POINTER : Sel yang ditandai pointer pada suatu alamat sel. 
10) TAB SHEET : Tab suatu worksheet yang aktif atau terbuka. 
11) INSERT TAB SHEET : Untuk menyisipkan worksheet baru. 
12) WORKSHEET : Halaman kerja berupa sekumpulan sel, baris dan kolom berwarna putih yang tampak pada saat Microsoft Excel diaktifkan. 
13) ALAMAT SEL : Letak atau posisi sel pada bagian kolom dan baris worksheet. 
14) GRUP : Bagian dari tab yang berisi tombol-tombol perintah untuk menjalakan aksi tertentu. 
15) TOMBOL DIALOG : Merupakan tombol dengan simbol panah bawah pada sudut kanan bawah grup yang berfungsi untuk menampilkan kotak dialog serta memodifikasi perintah-perintah yang disimpan di dalamnya. 
16) TOMBOL PENGATUR JENDELA : Tombol pengatur jendela terdiri dari : Minimize : untuk meminimalkan jendela. Maximize : untuk memaksimalkan jendela. Close : untuk menutup jendela. 
17) TOMBOL HELP : Untuk menampilkan tutorial tentang bagaimana menggunakan Microsoft Excel 2007. 
18) BARIS PENGGULUNG : Bagian fasilitas untuk menggulung worksheet secara horizontal dan vertical.

B.    Menu dan Ikon Microsoft Excel 2007
Seperti telah dijelaskan di depan bahwa tampilan menu dan ikon pada Ms Excel 2007 berbeda dengan versi sebelumnya. Menu dan ikon pada Ms Excel 2007 dikelompokkan dalam tab-tab ribbon.
Pada intinya fungsi dan kegunaan dari ikon-ikon yang ada sama dengan ikon pada versi-versi sebelumnya. Menu dan ikon Ms excel 2007 antara lain  :
1.    Office Button
Office button adalah pengganti menu File yang biasanya terdapat pada Microsoft Word versi sebelumnya.
Office Button berisi ikon-ikon sebagai berikut :
Nama
Fungsi
NewNew adalah pilihan untuk membuat dokumen baru.
OpenOpen adalah pilihan untuk membuka kembali dokumen yang telah disimpan.
SaveSave adalah pilihan untuk menyimpan dokumen yang telah disimpan setelah diubah.
Save AsSave As adalah pilihan untuk menyimpan dokumen baru atau dokumen lama dengan nama yang berbeda.
PrintPrint adalah pilihan untuk mencetak dokumen.
PreparePrepare adalah pilihan untuk persiapan publikasi dokumen.
SendSend adalah pilihan mengirimkan dokumen melalui e-mail atauinternet Faximile.
PublishPublish adalah pilihan untuk mengunggah dokumen ke internet melalui blog atau dokumen managemen server.
CloseClose adalah pilihan untuk menutup lembar kerja.
2.    Menu Home
Menu Home berisi operasi standar pada pengolahan data Ms Excel, seperti menyalin data, mengatur huruf, perataan teks, dan lain sebagainya. Ribbon yang terdapat pada menu Home adalah :
a. Clipboard
Nama
Fungsi
PasteMenampilkan data hasil Cut atau Copy
CutMemindahkan data dengan cara dipotong
CopyMenyalin data
Format PointerMenyalin format data dan mengaplikasikan pada data yang lain.
b. Font
Nama
Fungsi
FontMengatur pilihan jenis huruf
Font sizeMengatur pilihan ukuran huruf
BoldMembuat cetakan huruf tebal
ItalicMembuat cetakan huruf miring
UnderlineMembuat cetakan huruf garis bawah
Increase Font sizeMenambah ukuran huruf
Decrease Font sizeMengurangi ukuran huruf
BorderMenambah bingkai pada tabel
Fill colorMemberi warna pada tabel
Font colorMemberi warna pada huruf
c. Alignment
Nama
Fungsi
Top AlignMengatur posisi teks berada di atas
Middle AlignMengatur posisi teks berada di tengah
Button AlignMengatur posisi teks berada di bawah
OrientationMengatur posisi teks dengan posisi menurun atau miring.
Align Text LeftMengatur paragraf rata kiri
Align Text CenterMengatur paragraf rata tengah
Align Text RightMengatur paragraf rata kanan
Decrease IndentMengatur teks menjorok keluar
Increase IndentMengatur teks menjorok ke dalam
Wrap TextMenampilkan data dalam satu sell dengan tampilan beberapa baris
Merge & CenterMenggabungkan dua sell atau lebih
d. Number
Nama
Fungsi
Number formatMengatur format angka
Accounting number formatMengatur format angka dalam laporan keuangan
Percent styleMenambah simbol persen (%)
Comma styleMenambah simbol koma (,)
Increase decimalMenampilkan desimal secara lebih sederhana
Decrease decimalMenambah angka desimal
e. Styles
Nama
Fungsi
Conditional formattingMengatur format dengan kondisi tertentu
Format as tableMengatur format tabel
Cell styleMengatur style cell
f. Cells
Nama
Fungsi
InsertMenambah sell
DeleteMenghapus sell
FormatMengatur sell
g. Editing
Nama
Fungsi
SumBantuan penggunaan fungsi Excel
FillMeneruskan pola urutan angka
ClearMenghapus segala sesuatu yang ada di dalam sell terpilih
Sort & filterMengatur data sehingga lebih mudah untuk menganalisis
Find & selectMencari dan memilih teks tertentu, format atau jenis informasi dalam workbook.
3.    Insert
a. Tables
Nama
Fungsi
Pivot TableMeringkas data menggunakan Tabel Pivot atau untuk menyisipkan Chart Pivot.
TableUntuk membuat tabel.
b.Ilustrations
Nama
Fungsi
PictureMenyisipkan gambar.
Clip ArtMenyisipkan gambar Clip Art.
ShapesMenyisipkan bentuk-bentuk dasar.
SmartArtMenyisipkan grafik SmartArt.
c. Charts, digunakan untuk membuat grafik dengan berbagai model.
Nama
Fungsi
ColumnMenyisipkan grafik batang.
LineMenyisipkan grafik garis.
PieMenyisipkan grafik pie.
BarMenyisipkan grafik dalam bentuk mendatar.
AreaMenyisipkan grafik area.
ScatterMenyisipkan grafik scatter (menyebar).
Other ChartsPilihan  grafik yang lain.
d. Links, digunakan untuk membuat link, atau menghubungkan data atau file dari dokumen satu ke lainnya.
e.Text, digunakan untuk membuat teks boks,menyisipkan header, membuat huruf indah, objek, dan simbol.
Nama
Fungsi
Text BoxMenambah text box (kotak teks).
Header & FooterMenambah header dan footer dokumen.
Word ArtMenambah tulisan artistik WordArt.
Signature LineMenambah garis tanda tangan.
ObjectMenambah objek Microsoft Office.
SymbolMenambah simbol-simbol.
4.    Page Layout
a. Themes, digunakan untuk mengatur data
Nama
Fungsi
ThemesMengatur tema dokumen.
ColorMengatur warna pada tema.
FontMengatur huruf pada tema.
EffectMengubah efek untuk tema.
b. Page Setup,digunakan untuk mengatur margin,orientasi kertas,mengatur size,mengatur print area,mengatur page break,memberi background dokumen,memberi judul tabel.
Nama
Fungsi
MarginMengatur batas tepi dokumen.
OrientationMengatur posisi dokumen.
SizeMengatur pilihan ukuran dokumen.
Print AreaMenentukan lokasi yang akan dicetak.
BreaksMemberi jarak dokumen.
BackgroundMengatur latar dokumen.
Print TilesMenentukan baris dan kolom untuk diulang setiap mencetak.
c. Scale to Fit,digunakan untuk mengatur lebar, tinggi, serta skala kolom atau baris secara otomatis.
Nama
Fungsi
WidthMenentukan lebar dokumen ketika dicetak.
HeigthMenentukan panjang dokumen ketika dicetak.
ScaleMenentukan skala dokumen ketika dicetak dengan file Excel.
d. Sheet Options, untuk menampilkan garis bantu serta heading suatu data.
Nama
Fungsi
GridlinesMengatur garis grid nampak/tidak nampak pada dokumen Excel maupun ketika dicetak.
HeadingMengatur heading nampak/tidak nampak pada dokumen Excel maupun ketika dicetak.
e. Arrange, mengatur tata letak gambar, perataan, grup, dan rotasi gambar.
5.    Formula
a. Function Library
b. Defined Names
c. Formula Auditing
d. Calculation
6.    Data
a. Get External Data
b. Connections
c. Sort & Filter
d. Data Tools
e. Outline
7.    Review
a. Proofing
b. Comments
c. Changes
8.    View
a. Workbook Views
b. Show/Hide
c. Zoom
d. Window

Tidak ada komentar:

Posting Komentar